Jun 23, 2013

Hukum shalat di dalam mesjid yang disampingnya ada kuburan
http://audio.islamweb.net/audio/images/arrow4.png
السؤال: يوجد لدينا مسجد تقام الصلاة فيه جماعة وجمعة؛ ولكن يوجد قبور حول المسجد في مقدمته ومؤخرته، والفرق بين المسجد والقبور نحو ستة أمتار فقط، علماً أن المسجد بُني قبل وضع القبور، فهل تصح الصلاة في هذا المسجد؟
Pertanyaan: kami memiliki satu mesjid tempat mengerjakan shalat berjamaah dan shalat jum’at akan tetapi di sekitar mesjid itu terdapat kuburan; di depan dan di belakangnya. Jarak antara mesjid dengan kuburan sekitar enam meter saja, sebagai informasi, mesjid itu sudah didirikan sebelum kuburan, apakah shalat di mesjid itu sah.?
الجواب: نعم، تصح الصلاة فيه، ولو كان حوله قبور، إذا كان المسجد قائماً، ووُضعت حوله القبور عن يمينه أو شماله أو أمامه أو خلفه هذا لا يضر، وقد كان الناس فيما مضى يدفنون حول البلاد من الخوف والفتن والحروب، كانوا يدفنون حول مساجدهم، يخرج المسجد ويدفن حول المسجد. أما الآن فقد وسع الله ويسَّر، فينبغي إبعادها عن المساجد؛ حتى لو دعت الحاجة إلى توسيع المسجد وُسِّع المسجد، وحتى لا يظن جاهل أن للدفن جوار المساجد سراً أو قصداً. فينبغي أن تكون المقابر بعيدة عن المساجد حتى لا يظن ظان خلاف الحق، أو حتى لا تدعو الحاجة إلى التوسعة، فيكون وجود القبور مانعاً من ذلك، أو داعياً إلى نبشها ونقلها مرة أخرى.
Jawabnya: ya, shalat di mesjid itu sah, walaupun di sekitarnya ada kuburan. Jika mesjid itu sudah didirikan, dan dibuat kuburan di sekitar mesjid, baik di sebelah kanan, kiri, depan atau belakang, ini tidak apa-apa. Sungguh manusia dulu dikuburkan disekitar kampung, karena kondisi takut, fitnah (kekacauan) atau perang, mereka dikuburkan di sekitar mesjid mereka, keluar mesjid dan dikuburkan sekitar mesjid. Adapun sekarang, Allah telah memberikan kelapangan dan kemudahan, seyokyanya menjauhkan kuburan dari mesjid, sehingga jika diperlukan untuk memperluas mesjid maka (dengan mudah) bisa diperluas mesjid itu, dan agar orang jahil (bodoh dengan agamanya) tidak mengira bahwa menguburkan di sekitar kuburan ada rahasia dan maksud tujuan (ada keutamaannya), maka seyokyanya kuburan itu terletak jauh dari mesjid, agar seseorang tidak mengira (bermacam-macam yang) berlawanan dengan kebenaran, atau tidak memerlukan kepada perluasan mesjid, sehingga keberadaan kuburan itu menghalangi untuk perluasan mesjid, atau terpaksa membongkar kuburan itu dan dipindahkan kembali (ke tempat lain).
المقصود أن القبور التي حول المساجد لا تمنع من الصلاة في المساجد، إنما المحرم أن تُبنى المساجد على القبور، وأن تتخذ القبور مساجد، هذا هو الذي نهى عنه النبي صلى الله عليه وسلم، يقول صلى الله عليه وسلم: (لعن الله اليهود والنصارى اتخذوا قبور أنبيائهم مساجد)، ويقول صلى الله عليه وسلم: (ألا وإن من كان قبلكم كانوا يتخذون قبور أنبيائهم وصالحيهم مساجد، ألا فلا تتخذوا القبور مساجد، فإني أنهاكم عن ذلك). فلا يجوز أن يُبنى على القبور مساجد، ولا يُصلى حولها، ولا بينها، ولا يدفن الميت في المسجد، كل هذا لا يجوز، يجب أن تُدفن الموتى بعيداً عن المساجد، وألا تقام المساجد على القبور، هكذا نهى الرسول صلى الله عليه وسلم عن ذلك؛ ولكن متى وجد قبور جوار المسجد لم تمنع من الصلاة فيه.
Maksudnya, kuburan yang  ada di sekitar mesjid tidak menghalangi untuk mengerjakan shalat di mesjid itu, akan tetapi yang diharamkan itu adalah mendirikan mesjid itu di atas kuburan, atau kuburan itu dijadikan sebagai mesjid, inilah yang dilarang oleh nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda: “Allah melaknat orang yahudi dan nasrani, dimana mereka menjadikan kuburan para nabi mereka sebagai mesjid”, beliau bersabda: “Ketahuilah sesungguhnya orang sebelum kamu menjadikan kuburan para nabi mereka dan orang yang shaleh dari mereka sebagai mesjid, ketahuilah janganlah kalian menjadikan kuburan itu sebagai mesjid, sesungguhnya aku melarang kalian dari itu” maka tidak boleh mendirikan mesjid di atas kuburan, dan tidak boleh shalat di sekitar kuburan dan tidak juga antara kuburan, dan tidak boleh menguburkan mayat di dalam mesjid, semua ini tidak boleh dikerjakan. Dan mayat wajib dikuburkan jauh dari mesjid, dan janganlah mendirikan mesjid di atas kuburan. Beginilah Rasulullah melarang dari hal itu, akan tatapi kapan saja ditemukan kuburan di sekitar mesjid, hal itu tidak menghalangi mengerjakan shalat di dalam mesjid itu.
(fatwa syekh bin Baz rahimahullah setelah ceramah dengan judul “مراحل الشباب أهم مراحل العمر “ “Fase muda adalah fase umur yang terpenting” bahasa arabnya bisa dilihat di :
Diterjemahkan oleh : Muhammad Elvi Syam, padang, sabtu 15 Juni 2013.
Categories:

0 komentar:

Post a Comment