May 29, 2013

Assalamu'alaikum
Mengenal hadits Nabi shallallahu 'alahi wa sallam merupakan ilmu yang paling berharga, karena kita akan mengenal dengan hal yang berhubungan dengan nabi, karena hadits nabi merupakan sumber ajaran agama Islam. Allah memerintahkan kita untuk mengikuti Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam.
Fungsi Sunnah dalam syariat ada tiga fungsi :
Pertama : Menegaskan apa yang telah ditetapkan Allah dalam Al-Quran. Seperti : Allah menyuruh untuk menegakkan shalat dan menunaikan zakat, datang sunnah untuk menegaskan juga, seperti hadits Nabi dari Ibnu Umar: bahwa Rasulullah shallallah 'alaihi wa sallam bersabda: " Islam itu didirikan di atas 5 pokok dasar; kesaksian terhadap tidak ada yang berhak untuk diibadati kecuali Allah dan bahwa Muhammad itu utusan Allah, menegakkan shalat, menunaikan zakat, puasa bulan ramadhan dan mengerjakan haji bagi yang mampu mengadakan perjalanan ke sana". (HR. Bukhari dan Muslim)
Kedua: Memberikan penjelasan terhadap hukum yang masih global dengan mengkhususkan yang umum atau merinci yang masih universal. Seperti perintah mengerjakan shalat, datang sunnah menjelaskan shalat, jumlah rakaatnya, apa yang dibaca dll.
Ketiga: Menetapkan hukum yang belum dicantumkan dalam Al-Quran secara tulisan. seperti keharaman laki-laki memakai cincin emas, secara teksnya tidak ada dalam alquran dan nabi menuturkan teks itu dalam hadisnya dalam rangka menetapkan secara teks tentang keharamannya. Wallahu 'alam.
Categories:

0 komentar:

Post a Comment